Senin, 15 April 2024

Membagikan Informasi & Perlindungan Data Pribadi

INFORMATIKA Jilid 2 Kelas VIII SMP/MTs

Berdasarkan Kurikulum Merdeka 

Hak Cipta 2021 pada Penerbit Erlangga 

Disusun oleh: Hnery Pandia, S.T., M.T.

Editor           : Ganendrajati W, M.Si.

   Supriyana, S.Si., M.Pd.


RANGKUMAN:

Informasi tidak dapay berdiri sendiri tanpa data,sebaliknya data tidak berguna jika tidak dapat menjadi informasi yang berguna. Informasi didefinisikan sebagai kumpulan data/fakta yang telah diproses dan dikelola menjadi format yang sesuai dan mudah dimengert dan bermanfaat.Pengetahuan adalah pengenalan secaa dekat, serta kesadaran atau pemahaman akan sesorang atau sesuatu, seperti fakta, informasi, pendidikan, atau pelatihan yang behubungan. Karakteristik informasi yang baik:relevan ,tepat waktu,. benar, lengkap, andal (reliable) dan akurat, dan mudah. 

Ekonomi berbasis pengetahuan adalah ejkonomi dengan sistem produksi barang atau jasa yang berdasarkan aktivitas-aktivitas pengetahuan. Dalam ekonomi inn ,pertumbuhan bisnis dan pegawai merupakan hasil dari aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan pengetahuan. Aktivitas tersebut mencakup proses menguympulkan, dan mensintesis informasi. Nilai ekopno9mi Informasi    

Koneksi antar manusia dan antarorganisasi dipermudah dengan adanya internet. Membagikan data merupakan salah satu hal yang umum dilakukan di internet. Banyak keuntungan yang didapat oleh pihak yang terlibat dalam berbagai data, di antara nya: sinergi,kolaborasi,membangun industri bersama, pengambiuoan keputusan yang lebih baik. Namun ada pulan kendfala nya yaitu, Kendala teknis yang di sebabkan oleh data yangn tidak dikumpulkan,terdokumentasi denganb baik,kebndala bahasa, formast data, tidak ada solusi teknis yang tersedia, kurangnya standar meta data, kendala motivasi dari insetif,huilamngnya kesempatan, kwmungkinan dikritik, penggunaan data, kendala ejkonomi juga berdampak dan kendala hukum serta etika

Dampak negatif dari membagikan data ker publ;ik adalah,pelanggaran privasi, pelanggaran data pribadi, pemalsuan data pribadi, menggunakan data pribadi untuk mendukung kejahatan, dan pencurian data pribadi. Ancaman dan Insiden pelanggaran data pribadi  

a,. Ancaman data data pribadi bagi pengguna e-commerce di Indonesia.

b. Ada banyak insiden penju7alan data pribadi baik offline maupuhn online,yang menjadikan subjhek data menjadi target telemarjketing dan kejahatan dunia maya. Subjek data adalah individu yang secara langsung dapat didentifikasi debngab data yang ada.

c. Kaus adanya pihak yangb merilis data administrasi kepuendudukan ke publik.

Related Posts:

  • NO.1 MUSIC  1Cruel SummerTaylor Swiftcr:https://www.billboard.com/charts/hot-100/newsLAST WEEK6WEEKS AT NO. 13WEEKS ON CHART27… Read More
  • Lunar Year 2575 Kongzil4 hari sebelum Valentine Day,satu dunia merayakan Imlek 2024 pada tanggal 10 Februari 2024Tahun ini merupakan shio Naga,jadi siapain yang lahir ini atau 2575 Kongzil memiliki shio Naga.Pada hari imlek seluruh jalan raya akan … Read More
  • BIG NEWS!!26 FEBRUARI 2024-PILKAOSDi Smpk Santa Maria II Malang, akan dilaksanakan PILKAOS  periode 2024-2025.Tempat TPU berlokasi di R.Kegiatan,di bentuk semirip mungkin dengan TPU pada umumnya.Yang akan mencoblos adalah semua Si… Read More
  • AKU BAHAGIAAku adalah orang yang mudah untuk tersenyum,contoh nya seperti mendapat nomor antrian awal,makan ice scream. Orang orang di lingkungan ku mayoritas sudah memiliki pasangan namun bagiku punya atau tidak pasangan pasti ada damp… Read More
  • KAMPANYE CAKETOS PERIODE 2024-2025 Pada tanggal 05 Februari 2024,terdapat Orasi Caketos periode 2024-2025 yang di adakan di Smpk Santa maria II Malang.Kandidat CAKETOS Kali ini memiliki Visi Misi dan Program Kerja yang menarik bagi warga sekolah.Acara di… Read More

0 komentar:

Posting Komentar