INFORMATIKA Jilid 2 Kelas VIII SMP/MTs
Berdasarkan Kurikulum Merdeka
Hak Cipta 2021 pada Penerbit Erlangga
Disusun oleh: Hnery Pandia, S.T., M.T.
Editor : Ganendrajati W, M.Si.
Supriyana, S.Si., M.Pd.
RANGKUMAN:
Informasi tidak dapay berdiri sendiri tanpa data,sebaliknya data tidak berguna jika tidak dapat menjadi informasi yang berguna. Informasi didefinisikan sebagai kumpulan data/fakta yang telah diproses dan dikelola menjadi format yang sesuai dan mudah dimengert dan bermanfaat.Pengetahuan adalah pengenalan secaa dekat, serta kesadaran atau pemahaman akan sesorang atau sesuatu, seperti fakta, informasi, pendidikan, atau pelatihan yang behubungan. Karakteristik informasi yang baik:relevan ,tepat waktu,. benar, lengkap, andal (reliable) dan akurat, dan mudah.
Ekonomi berbasis pengetahuan adalah ejkonomi dengan sistem produksi barang atau jasa yang berdasarkan aktivitas-aktivitas pengetahuan. Dalam ekonomi inn ,pertumbuhan bisnis dan pegawai merupakan hasil dari aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan pengetahuan. Aktivitas tersebut mencakup proses menguympulkan, dan mensintesis informasi. Nilai ekopno9mi Informasi
Koneksi antar manusia dan antarorganisasi dipermudah dengan adanya internet. Membagikan data merupakan salah satu hal yang umum dilakukan di internet. Banyak keuntungan yang didapat oleh pihak yang terlibat dalam berbagai data, di antara nya: sinergi,kolaborasi,membangun industri bersama, pengambiuoan keputusan yang lebih baik. Namun ada pulan kendfala nya yaitu, Kendala teknis yang di sebabkan oleh data yangn tidak dikumpulkan,terdokumentasi denganb baik,kebndala bahasa, formast data, tidak ada solusi teknis yang tersedia, kurangnya standar meta data, kendala motivasi dari insetif,huilamngnya kesempatan, kwmungkinan dikritik, penggunaan data, kendala ejkonomi juga berdampak dan kendala hukum serta etika
Dampak negatif dari membagikan data ker publ;ik adalah,pelanggaran privasi, pelanggaran data pribadi, pemalsuan data pribadi, menggunakan data pribadi untuk mendukung kejahatan, dan pencurian data pribadi. Ancaman dan Insiden pelanggaran data pribadi
a,. Ancaman data data pribadi bagi pengguna e-commerce di Indonesia.
b. Ada banyak insiden penju7alan data pribadi baik offline maupuhn online,yang menjadikan subjhek data menjadi target telemarjketing dan kejahatan dunia maya. Subjek data adalah individu yang secara langsung dapat didentifikasi debngab data yang ada.
c. Kaus adanya pihak yangb merilis data administrasi kepuendudukan ke publik.
0 komentar:
Posting Komentar